Lagi enak enak naik motor pagi pagi sambil berpacu dengan waktu karena takut kesiangan ketempat tugas tiba tiba sepeda motor yang ditunggangi oleng, keadaan ini disebabkan karena csssssssss ban bocor. Langsung saja sepeda motor di kepinggirin karena ingin tahu dan memeriksa ban mana yang gembos.
Ternyata eee ternyata ban belakang yang gembos akibat adanya benda tajam (paku 3 cm) bersarang pada roda belakang, entah paku tersebut berasal dari mana, apakah dari ketidak sengajaan seseorang sehingga paku berada dijalan atau merupakan modus dari tukang tambal ban yang licik maupun orang yang mempunyai niat jahat.
Padahal belum lama ban bagian dalam pada roda belakang ini diganti dengan yang baru karena terdapat lubang kebocoran lebih dari 5 lubang akibat dipaksa berjalan saat ban dalam keadaan gembos.
Yaa memang ban dari roda bagian belakang ini sering sekali gembos bila dibanding dengan ban depan.
karena sejak menggunakan sepeda motor sudah terhitung lebih dari 5 kali ban roda belakang mengalami kebocoran sedang ban roda depan belum sekalipun mengalami kebocoran.
Sekarang yang menjadi pertanyaan mengapa ban bocor selalu terjadi pada ban belakang dibanding yang depan?
Seorang teman pernah bereksperimen dengan menebarkan paku disebuah lapangan beton, selanjutnya paku dilindas dengan sepeda motor pada kecepatan sekitar 20 Km/jam sebanyak 4 kali pelindasan, hasilnya tidak satupun paku menancap pada roda baik yang depan maupun yang belakang.
Selanjutnya pelindasan paku diulangi tetapi dengan kecepatan sepeda motor yang lebih cepat yaitu pada kecepatan 40Km/jam. Pada percobaan pertama tidak terjadi apa apa, tetapi pada percobaan yang kedua sebatang paku sekitar 3 cm menancap pada ban bagian belakang namun belum terlalu dalam sehingga ban belakang tidak gembos, sedangkan ban depan tidak apa apa.
Kesimpulan
Rupanya paku yang terlindas oleh roda depan posisinya tidur sehingga tidak ada bagian yang runcing menghadap kearah ban sehingga ban depan selamat. Tetapi paku yang terlindas oleh ban depan akan terbawa dan terlempar kebagian belakang. Jika paku yang terlempar tadi jatuhnya tertidur, mungkin saja tidak akan menyebabkan apa apa, tetapi jika jatuhnya berdiri dan langsung dilindas oleh ban belakang sudah dapat dipastikan ban roda belakang langsung tertusuk oleh paku tersebut dan cssssss gembos.
Jadi terjawablah sudah mengapa selalu ban belakang yang menjadi korban paku dijalanan. Tetapi bukan berarti ban depan akan selalu aman, bisa saja kendaraan didepan melindas paku dan terlontar kearah ban kendaraan yang berada dibelakangnya.
Cara menghindari ban kena paku dijalan
- Jika mengetahui daerah daerah rawan ranjau paku, usahakan mengendarai kendaraan pada kecepatan rendah, karena paku yang terlontar oleh ban depan akan segera jatuh pada posisi tidur sebelum terlindas roda belakang.
- Hindari mengikuti kendaraan didepan tepat pada arah roda kendaraan, supaya paku yang terlontar dari kendaraan didepan tidak menyerang roda kendaraan dibelakangnya.
- Jaga jarak kendaraan jangan sampai terlalu dekat dengan kendaraan yang berada didepan, supaya terhindar dari terlontarnya paku dari kendaraan yang berada didepan.
- Hindari menginjak benda benda yang berada dijalan seperti bungkus rokok, kemasan makanan/minuman kosong karena dikhawatirkan mengandung paku didalamnya.
Semoga ada manfaatnya bagi Agan agan semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar