29 April 2013

Aki Sehat Dengan Air Garam


Selamat jumpa lagi sahabat... Pada saat yang lalu telah dibahas mengenai aki basah dan aki kering dan cara menyehatkan aki yang soak.

Dari posting sebelumnya telah kita ketahui bahwa penyebab utama aki soak adalah :
  • Keringnya elektrolit pada aki.
  • Plat elemen aki / sel aki telah menipis karena korosi.
  • Karena penumpukan kotoran yang menempel pada plat elemen / sel aki. Kotoran ini akan menghalangi kontak antara elektrolit dengan plat elemen sehingga elektrolit menjadi terhalang dan tidak dapat menyentuh plat sel aki, akibatnya reaksi kimianya terganggu maka hasil listriknya juga terganggu.

Melihat dari jenis kerusakan diatas maka Jenis kerusakan aki pada poin 1 dapat diatasi dengan menambah atau mengganti cairan elektrolitnya . Pada posting yang lalu telah dibahas pada cara menyehatkan aki soak. Sementara pada poin 2 aki harus ganti baru. Untuk jenis kerusakan yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran (poin 3) aki masih dapat diusahakan untuk disehatkan kembali. 
Bagaimana cara membersihkan plat elemen yang berada didalam aki tersebut ? Apakah dengan cara mengeluarkan sel aki ? Tentu saja tidak demikian caranya, melainkan diproses dengan cara kimiawi. 
Kejadian ini sempat ditanyakan sepupu saya,  bahwa ia mempunyai aki motor supra miliknya yang mulai sakit sakitan. Akhirnya guna mencari tahu cara mengatasi permasalahan aki tersebut, saya muter muter deh di Google.
Banyak  Artikel seperti ini yang diposting oleh para blogger. Caranya yang umum dilakukan yaitu  mencuci / menguras sel aki dengan air panas. Serta  ada juga dengan menambahkan bubuk EDTA pada cairan elektrolitnya.  Bubuk ini dapat dibeli ditoko bahan kimia.
Tetapi ada yang lain yang pernah saya dapatkan dari hasil blog walking di google, saya mampir di http://akikuawet.blogspot.com/2012/02/jangan-buang-aki-accu-yang-sudah-mati.html
Saya tertarik akan sebuah posting tentang bagaimana cara membersihkan sel aki dari kerak kotoran yang menempel, maka kabar baik inipun disampaikan pada sepupu saya kemudian mempraktekannya dan hasilnya aki yang soak menjadi sehat kembali, luar biasa. Dan sepupu saya membatalkan niat untuk membeli aki baru. Dari situs tersebut diterangkan bahwa cara menghilangkan sel aki dari kotoran yang menempel pada sel aki adalah dengan menguras aki menggunakan  air garam yang biasa digunakan di dapur. Sehingga aki menjadi sehat kembali berkat air garam.
Bagaimana langkah langkah yang dilakukan dalam menyehatkan kembali aki yang soak
Baiklah kita mulai.
Namun sebelumnya persiapkan terlebih dahulu alat alat pendukungnya,  seperti obeng, pisau, garam dapur, accu zuur (aki sir dengan botol atau tutupnya yang berwarna merah), air aki murni ( botol atau tutupnya berwarna biru ), satu ember air biasa.
Aki yang akan disehatkan adalah bisa aki basah atau aki kering .

Nah sekarang kita praktekan:
  • Setelah semua bahan terkumpul maka dilanjutkan pada prakteknya. Aki yang telah dikeluarkan dari motor dibuka semua tutupnya lalu cairan elektrolit yang berada didalam aki dikeluarkan semua.
  • Setelah semua cairan elektrolit keluar, cucilah sel aki dengan air bersih.
  • Jika dirasa telah cukup bersih selanjutnya aki diletakan telungkup supaya air turun semua.
  • Sambil menunggu air turun buatlah larutan air garam dari segelas air murni (air aki botol biru) ditambah  satu sendok garam.
  • Lalu masukan larutan tadi ke dalam aki hingga hampir penuh atau kira kira 2 cm dari mulut aki.
  • Selanjutnya aki di charge (di cas) kira kira 10 sampai 15 menit (jika tidak memiliki charger pasangkan saja di motor sambil motor dihidupkan).
  • Kemudian hentikan charger selanjutnya keluarkan semua isi air garam tadi.
  • Kuraslah sel aki hingga bersih.
  • Setelah bersih isi aki dengan air aki zuur ( aki sir ) yaitu air aki yang botol merah.
  • Bersihkan aki bodi dengan air supaya tidak merusak tempat aki pada kendaraan.
  • Aki di charge hingga penuh, jika tidak punya charger dapat langsung dipasang pada motor. Jalankan motor supaya terjadi proses pengisian.

Menurut pengalaman dari akikuawet.blogspot serta sepupu saya yang mempraktekannya aki menjadi sehat kembali setelah menjalani terapi ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Tidak ada komentar: