11 April 2013

Cara Menyehatkan Aki Soak



 Aki pada sebuah kendaraan merupakan komponen yang penting, terlebih pada sepeda motor jenis matik ataupun mobil. Aki soak berarti harus dorong kendaraan, sebab mobil atau motor tidak dapat di starter. Dengan aki soak para pengguna motor matik dibuat ribet sebab setiap kali akan menghidupkan motor harus menggunakan standar ganda yang dilanjutkan dengan melakukan penyalaan dengan kick starter. Ada dua jenis aki yang umum digunakan yakni aki basah dan aki kering, kedua jenis aki ini rawan soak.

Ada beberapa penyebab aki menjadi soak antara lain: 
-  Mengeringnya elektrolit pada aki. 
-  Tertutupnya plat elemen oleh kotoran / sulfur
-  Bersatunya antara plat elemen positip dan negatip yang disebabkan oleh korslet
-  Hancurnya plat elemen akibat korosi

Jika sahabat tahu aki yang soak sebenarnya masih dapat disehatkan kembali, meskipun tidak akan kembali 100%.
Jika melihat jenis kerusakan diatas, aki yang masih dapat disehatkan adalah jenis kerusakan dengan kondisi plat elemen aki tertutup kotoran/sulfur dan kondisi aki kekurangan cairan elekrolit, sementara aki yang elemennya rusak tidak dapat diperbaiki, aki tersebut harus di lem biru ( lempar yang itu beli yang baru ), ah itu sih bercanda.
Pengeringan elektrolit pada aki dapat terjadi oleh berbagai sebab, antara lain pemakaian dengan beban berat, charging yang melibihi batas dan suhu yang tinggi disekitar mesin kendaraan, umur akipun turut menetukan.

Saya pernah mengalami masalah dengan motor matik saya, masalahnya yaitu motor tiba tiba tidak dapat distart, dan ternyata aki kering pada motor telah berumur 3 tahun lebih 1 bulan jadi sudah saatnya aki mulai ngedrop. Sebelum memutuskan untuk membeli aki baru, saya melakukan eksperimen terlebih dahulu pada aki motor dengan harapan aki dapat bertenaga kembali.
Bila melihat penyebab aki soak diatas, ada kemungkinan aki soak pada motor saya dikarenakan cairan elektrolit pada aki mengering. Sehingga harus dilakukan penambahan cairan pada aki. Dengan cara ini diharapkan aki menjadi bertenaga kembali. Lumayanlah tidak tersiksa lagi saat menghidupkan motor sambil nungguin dana segar buat beli aki baru (maklum saja orang kere).

Bagaimana cara menyehatkan aki?
Sebelumnya sediakan dahulu bahan bahan prakteknya:
Obeng
Pisau atau mata gergaji besi
Air aki (bukan aki sir tapi air aki botol biru)
Suntikan bekas tinta printer.


Berikut adalah langkah yang saya lakukan.
  • Aki yang telah dikeluarkan dari motor dibuka tutupnya dengan mengerat bagian tutupnya dengan pisau atau mata gergaji besi pada bagian atas aki.
  • Setelah terbuka tambahkan air aki dengan cara menyuntikan air aki memakai suntikan bekas tinta, setiap sel diisi air aki dengan takaran tinta suntik.
  • Tutup kembali memakai plester / lakban.
  • Pasang kembali pada motor.
  • Tinggal ditest dengan menekan tombol start


Hasil testnya ada kemungkinan sebagai berikut :
  • Jika motor hidup berarti percobaan berhasil.
  • Jika tidak mau hidup, gunakan kick starter, gunakan motor seperti biasa sampai kondisi aki penuh.
  • Bila aki tidak mau penuh meskipun telah digunakan berjalan jauh berarti sel aki telah rusak. Ganti saja dengan yang baru.

Praktek seperti diatas dilakukan pada kondisi aki kekurangan elektrolitnya, dengan menambahkan air aki pada baterai, ternyata aki berhasil digunakan kembali. Sementara untuk kondisi sel aki yang tertutup sulfur akan diposting pada postingan berikutnya.
Ini saja yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.     

Tidak ada komentar: