14 September 2012

MEMBUAT ADAPTOR MP3 PLAYER KE RADIO KASET


Kali ini saya akan berbagi trik sederhana membuat adaptor MP3 supaya dapat diputar di radio/tape recorder dengan memanfaatkan BABE ( barang bekas ) yang tersimpan di " musium pribadi "  ( gudang ) anda.
 Anda suka mendengarkan musik?
Tentu saja hampir semua orang suka mendengarkan musik sesuai denga selera masing masing, ada musik tradisional, musik dangdut, musik pop, rock, Jazz serta jenis jenis musik lainya.
Sarana untuk mendengarkan musik banyak macamnya. Kalau dulu orang mendengarkan musik melalui piringan hitam. Seiring dengan penyempurnaan penyempurnaan dalam industri musik piringan hitam mulai ditinggalkan dan digantikan dengan pita kaset. Ramai ramai orang membeli tape player untuk memutar pita kaset. Setelah jaman keemasan pita kaset berlalu orangpun berpindah ke CD player namun dengan kemajuan teknologi, pemutar musik kini tidak lagi mempunyai dimensi bentuk yang besar dan sulit untuk dibawa bawa tapi tapi pemutar musik saat ini semakin kecil saja mengingat teknologi yang dipakai menyimpan rekaman musik adalah memakai format MP3 sehingga hanya dalam sebuah chip kecil saja sudah terdapat ratusan lagu yang siap untuk kita dengarkan.
Mendengarkan musik kini bisa dimana saja dirumah, di tempat kerja, sambil jalan jalan, bisa pula didengarkan sambil mengendarai mobil.
Saat ini sudah banyak player mobil yang khusus buat memutar MP3, ada radio mobil yang mendukung port usb buat colokan flash disc yang berisikan koleksi lagu lagu atau ada fasilitas input aux buat masukin sinyal audio dari mp3 player ke tape mobil anda.
Nah jika anda hanya mempunyai tape/radio mobil konvensional /jadul yang tidak ada fasilitas input aux tersebut berarti tidak bisa buat dengerin lagu lagu dari MP3 player anda. Wah berarti harus ganti dong?
Tidak perlu ganti! Radio tape mobil tidak usah diganti baru, apa lagi suara yang dihasilkan dari radio/tape mobil anda mempunyai suara yang bagus sayang kalau diganti.
Biar lebih hemat nan ekonomis bikin saja adaptor MP3 sendiri dengan memanfaatkan BABE ( barang bekas ) yang anda punyai  di “Musium Pribadi” ruang belakang, yang penting tape anda masih bisa menerima sinyal audio dari kaset meskipun kaset yang dimasukan ke tape tersebut tidak dapat berputar.
Bahan bahan dan alat yang diperlukan:
  • Kaset bekas
  • Head player stereo
  • Kabel stereo
  • Solder
  • Lem

Caranya:
  • Bukalah kaset menjadi 2 bagian dengan membuka semua baut yang ada. 
  • Setelah terbuka keluarkan pita yang berwarna coklat karena sudah tidak diperlukan lagi.
  • Ambil player head dan pasanglah kabel stereo dengan menyolder  pada kaki kaki head dan ujung  kabel lainnya dipasang jack colokan buat penghubung ke MP3 player anda.
  • Kuping pada player head dihilangkan agar ketebalan player simetris
  • Selanjutnya player head yang sudah terpasang kabel diletakan didalam kotak kaset dengan cara dilem.
  • Beri lubang sedikit pada bagian samping belakang untuk mengeluarkan kabel stereo.
  • Tutuplah kotak kaset dan siap dicoba.




Atau jika malas untuk ngoprek dan mempunyai uang lebih bisa membeli Modulator FM  yang sudah jadi  tinggal masukin memory, masukan ke colokan rokok di mobil anda, set frequensinya pada gelombang FM yang tak terpakai oleh stasion radio lain maka jrengngng musikpun mengalun menemani perjalanan anda.
Demikian sedikit pengalaman saya dalam memainkan lagu lagu dari MP3 player kedalam tape/radio mobil.

6 komentar:

bogie suciarto mengatakan...

Terima kasih infonya. Saya sudah coba dn berhasil. Terima kasih.

Diway mengatakan...

Selamat menikmati hiburan

yas kur mengatakan...

Gak gambar fotonya ya bos penasaran nih masih bingung

Diway mengatakan...

Ya memang saya belum upload gambarnya. Tapi ada beberapa rekan yang telah mempraktekannya. ya nanti akan saya upload gambarnya

varyd zidiq mengatakan...

biar suara a bagus itu saya harus pakai head tape player yang bagaimana ya gan????

dalam kaki2 head ground nya sebelah mana ya?? atau semua sama AC/DC

Diway mengatakan...

Menurut pengalaman, head yang mana saja bisa digunakan.Untuk Kaki bisa anda bisa cek dgn multi meter, atau gampangnya ambil dari tape bekas yg headnya masih terpasang dgn kabelnya.
PENTING : Untuk mendapatkan suara bagus HEAD PADA TAPEnya harus ditrim /ajust/setting kembali.