29 Juni 2012

Buat Generator Dari Sepeda Motor

Lampu tidak menyala saat sepeda motor mati
Lampu menyala saat sepeda motor dihidupkan
Selamat pagi teman. Semoga saat ini anda tengah berbahagia. Saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau , biasanya pada musim seperti ini di beberapa daerah sering mengalami pemadaman listrik bergilir hal ini diantaranya disebabkan berkurangnya pasokan listrik PLN akibat berkurangnya debit air di bendungan. Biasanya yang sering mengalami gangguan adalah daerah yang pasokan listriknya tidak terkoneksi kejaringan nasional ( inter koneksi Jawa Bali ).
Disini saya menulis tentang pengalaman saya dalam mengatasi padamnya aliran listrik dengan generator listrik yang diambil dari sepeda motor Honda Vario. Saya mempunyai pemikiran demikian karena dari pengalaman sebelumnya dalam mengatasi padamnya aliran listrik sering kali tidak dapat terpenuhi secara sempurna. Saya pernah menggunakan inverter 12 VDC ke 220 VAC, namun tidak effisien, Accu sering terlambat diisi ulang sehingga pada waktu diperlukan kapasitas accu tidak penuh, hasilnya baru beberapa menit saja digunakan battere sudah habis, sedang bila diisi terus menerus air accu cepat habis yang mengakibatkan mutu accu menjadi berkurang. Generator listrik dengan motor bensinpun pernah saya pinjam dari saudara, tetapi jika motor bensin tidak pernah digunakan dalam waktu lama biasanya motor penggeraknya akan sulit dihidupkan. Berabe juga kan. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan sepeda motor yang saya fungsikan menjadi  generator listrik untuk memback up pasokan listrik dirumah jika terjadi pemadaman listrik PLN.  Menggunakan sepeda motor untuk pembangkit listrik menurut saya sangat bagus, karena motor selalu digunakan setiap hari sehingga akan mudah bila dihidupkan. Jadi kapanpun pemadaman listrik terjadi pembangkit listrik sepeda motor selalu siap digunakan.
Bagaimana memfungsikannya?
Dalam sebuah sepeda motor apapun merek dan tipenya sudah dipastikan terdapat alat yang dapat membangkitkan tenaga listrik untuk keperluan pada sepeda motor itu sendiri. Listrik dihasilkan dari kumparan / koil yang berhadapan dengan magnet yang berputar pada mesin. Ada tiga jenis kumparan / koil magnet yang umum dipakai pada sepeda motor yaitu:
1.       Koil pengapian. Koil ini berfungsi untuk memberikan listrik pada sistim pembakaran / penyalaan busi.
2.       Koil pengisi battere / accu. Koil ini bertugas hanya untuk mengisi battere / accu.
3.       Koil penerangan. Koil ini fungsinya memberikan arus listrik pada lampu depan dan lampu belakang sepeda motor anda.
Nah kalau yang dijadikan pembangkit listrik 220 VAC yang mana?
Melihat dari berbagai fungsi koil di atas yang mempunyai arus paling besar adalah koil untuk penerangan lampu depan, karena saya melihat penerangan lampu besar Honda Vario adalah sekitar 2 x 25 Watt 12Volt bahkan mampu dipasang lampu 2 X 35 W 12 Volt, belum lagi ditambah lampu belakang sehingga rasanya cukuplah daya sekitar 70 W untuk memback up sistim penerangan rumah.. Untuk sepeda motor lainnya yang menggunakan lampu depan tunggal mungkin saja dayanya tidak sama dengan sepeda motor Vario jadi silahkan dicoba saja.
Cara mengaplikasikannya :
Bukalah penutup stang kemudi sepeda motor anda ( yang di contohkan memakai Honda Vario ), setelah terbuka carilah kabel yang berhubungan dengan sistim kelistrikan lampu depan sepeda motor anda, Untuk warna kabel cari sendiri ya saya sudah lupa karena sudah terlalu lama tapi kalau tidak salah kabel warna kuning, untuk membuka lagi agak malas. Sebaiknya mengambil listriknya pada saluran sebelum tombol on/off sehingga lampu depan bisa dimatikan pada waktu sepeda motor difungsikan sebagai mesin pembangkit listrik.   Kan listrik dari motor besarnya tegangan adalah 12 volt, sedangkan tegangan listrik rumah sebesar 220 volt, untuk itu diperlukan sebuah alat yang dapat menaikan tegangan 12 Volt menjadi 220 Volt.    Alat tersebut adalah transformator / trafo ( step up – step down transformer ). Jadi trafo ini adalah untuk menaikan atau menurunkan tegangan sesuai dengan keinginan kita.
Sediakan sebuah Trafo minimal 5 Amper atau lebih ( Trafo ini biasa digunakan untuk keperluan membuat Amplifier ) yang banyak dijual di toko alat alat elektronika. Pada trafo terdapat tap untuk 0V( CT ), 9V, 12V, 25V dan seterusnya lalu ada juga tap 0, 110V, 220V. Hubungkanlah kabel dari sepeda motor ( 12 volt ) tersebut ke tap 12V trafo sedangkan 0 (CT) pada trafo anda sambungkan ke body sepeda motor, Untuk 0 – 220V hubungkanlah ke lampu listrik 220V.
      Sudah begitu saja kok. Setelah semuanya OK silahkan dicoba hidupkan sepeda motor anda niscaya lampu 220V nya akan menyala. Aturlah  putaran mesin hingga dihasilkan nyala lampu yang stabil / tidak berkedip dengan mengatur kekuatan gas pada karburator.
Saya menggunakan generator listrik pake sepeda motor sejak Agustus 2011 hingga saat ini, mesin tersebut dapat menyalakan 6 buah lampu neon 10 watt dan sebuah lampu neon 20 watt kesemuanya menggunakan balast elektronika. Untuk konsumsi bensin +/- 1 liter pada pemakaian sekitar 6 jam. Kan lumayan anak anak bisa belajar malam dengan sinar yang terang. Supaya kerja pembangkit listrk ringan, gunakanlah lampu elektronik energy saver (lampu neon putar hemat energy dengan ballast elektronik yang banyak dijual di pasaran)..
Demikianlah pengalaman saya dalam mengatasi terjadinya pemadaman listrik bergilir. Semoga di ditempat anda tidak pernah terjadi pamadaman aliran listrik PLN.

102 komentar:

Anonim mengatakan...

wah,boleh juga tu d coba..untuk travo jika pake 10A gimana gan?apa output yg dihasilkan juga semakin besar?

diway mengatakan...

Bisa, tapi hasilnya tetap saja karena kemampuan generator dari sepeda motor cuma terbatas, hanya trafo menjadi lebih dingin.
Jika ingin memperbesar hasil, diameter kawat harus di perbesar dengan meminta bantuan ke tukang dinamo

Restu Singgih mengatakan...

Kalo pake trafo 1A bisa ga n apa pengaruhnya gan?

diway mengatakan...

mas Restu Singgih.....
Bisa, silahkan dicoba saja. Namun Agan hanya akan mendapatkan
1Amp X 12V = 12Watt.

Restu Singgih mengatakan...

Oh gitu, saya pake honda karisma rencananya.
Thanks bwt infonya agan diway

MASYKUR AR mengatakan...

boleh juga di coba ni...

dian ayu mengatakan...

artikel diatas memang betul...kl pake Gl-pro bisa 220V/120W & kalo input dari tiger 400W tp V 300 lebih sebab tiger sistim kelistrikanya dah fullwave.

Anonim mengatakan...

saya udah coba pakai travo 1A gan,tp buat ngidupin 20watt msh bisa kok..saya pake motor supra..

Diway mengatakan...

Terima kasih gan testimoninya, juga buat Dian ayu terima kasih tambahannya

Anonim mengatakan...

Mas Diway.... betul ini hanya pakai trafo aja tanpa rangkaian lain

sofyan mengatakan...

kok ndak bisa ya.. pakai shogun 125r... trafo 5A merk big

Diway mengatakan...

Seharusnya bisa, coba dicek lagi apa sudah benar pengambilanya dari jalur lampu depan.

sofyan mengatakan...

Tidak ada rangkaian lain atao cuma pakai trafo aja mas

Diway mengatakan...

Mas Sofyan, rangkaian lain tidak ada. Dari 0 V dan 220 V pada trafo langsung ke lampu. Jika pada foto terlihat rangkaian, itu karena trafo masih bersama rangkaian otomatis level kontrol untuk air namun yang digunakan hanya trafo saja.

sofyan mengatakan...

trafo punya saya yang sebelah :0-110-125-220-240 terus yang sebelah lain:18-15-CT-15-18
0-6-9-12 32-25-25-32
itu penyambungan kabel gimana mas... soalnya yang 12v sama CT tidak sama tempatnya

Diway mengatakan...

Jika melihat yang agan sampaikan, maka penyambungan yang dipake adalah 0-12. dan 0-220. Tetapi ada kemungkinan yang 0-6-9-12 ampernya kecil jadi nggak kuat. yang besar ampernya adalah yang 32-25-18-15-CT-.... Dicoba penyambungan antara CT-15. Semoga berhasil

sofyan mengatakan...

Trima kasih mas diway.. dicoba lagi

bob mardie mengatakan...

trafo yg dipake untuk pengecasan accu itu jg bs digunakan ta?? Mohon jawabannya, terimakasih banyak

Diway mengatakan...

Yang penting trafonya terukur 12V. Jika lebih hasilnya kurang bagus.

sachrul mengatakan...

wah hebat mas Diway,penjelasan nya sangat masuk akal,ntar aq coba juga mas

Anonim mengatakan...

mas diway,untuk rangkaian d atas kalau buat ngidupin peralatan elektronik yg lain ap bisa?kalau bisa rangkaiannya d tambah ap aj?

Diway mengatakan...

Bisa tanpa ditambah apa apa karena gelombang listriknya sinus sama dengan PLN, namun tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan generatornya. Pada peralatan seperti radio dapat dioperasikan.

Anonim mengatakan...

wahhh,,,, blh tu di cba,,,

Anonim mengatakan...

mas, kalau pakai inverter yg ada di pasaran apa bedanya?

Diway mengatakan...

Inverter adalah alat yang merubah listrik dari arus searah, DC 12 V dari aki menjadi listrik arus bolak balik (AC 220 volt).
Sedangkan
listrik dari motor arusnya sudah bolak balik (AC 12 volt) sehingga tinggal menaikan saja menjadi 220volt.

Anonim mengatakan...

semua motor, ya mas arus nya bolak balik, wah saya fikir dari motor arus nya masihsearah..

gak perlu rangkaian lain kan mas?
makase deh, segera saya coba.

Anonim mengatakan...

maz saya punya trafo 5A tp yg 12v gk ad pling kecil 15v?kalau pki 15v efeknya apa?

Diway mengatakan...

di coba aja, paling keluarannya 220 v ac kurang tapi masih bisa berfungsi

Anonim mengatakan...

knp 12v mlh bs ampe 220 tp klo 15v kug gk nyampe 220?mhon nasehatnya??

Diway mengatakan...

Bahasa sederhananya begini, untuk menghasilkan 220v pada trafo 15v idealnya tegangan masuk harus sama yaitu 15v. Keluaran pada motor adalah 12v sehingga kekurangan tegangan untuk mencapai 15v, hasilnya keluaran juga menjadi berkurang dari 220v. Sebaliknya bila trafo nya 9v, tapi dimasukan tegangan 12v berarti kelebihan tegangan dari tegangan trafo, hasilnya tegangan keluaran menjadi lebih dari 220v.
Mudah mudahan dapat dimengerti mas.

Anonim mengatakan...

Mas, kalo dipake sbg pengganti accu pada alat strom ikan bisa apa gak?
Biasax sy pake accu 12V 5A, tapi gak pernah bisa lama, akix cpt soak..
Mohon penjelasanx.. makasih..

Diway mengatakan...

Maaf sy belum pernah mencoba, silahkan dicoba saja.

Kak Topik mengatakan...

mas apa harus dari lampu depan?kalau ambil langsung dari aki apa bisa?. saya sekarang coba langsung dari aki lalu disambung ke ups komputer.. bisa untuk menyalakan tv tapi ga lama.paling 15 menit.apa karena akinya ga terisi otomatis atau memang salah nyambungnya langsung dari aki?tolong jawabannya thanks

Diway mengatakan...

ya harus dari lampu depan, karena mempunyai daya yang paling besar.

Anonim mengatakan...

mf mas diway skdr berbagi info, tuk merk travo setahu saya pling bgus merk BELL, perbandingannya 5A BELL sm dgn 10A MERK LAEN. Jd klw 10A BEL Sm dgn 20A Merk lain. Knp bgtu? krna kwat lilitan punya bel lbh besar dr kwat lilitan merk lain..tentunya hrg travo bel jg lbh mahal dr travo merk laen.

Toip ridwan mengatakan...

mas diway,ane pake travo 7A,tp kq cm naik 110v?meskipun udh diGAS gede,nah menurut mas,ap nya,biar bs ke 220v?mhn bimbingan nya.trmksh!

Diway mengatakan...

Ada beberapa kemungkinan:
- masuknya harus kejalur lampu depan, dan lampu harus keadaan mati. Lampu yg nyala akan menyedot listrik ke trafo. Jadi trafo kekurangan setrum.
- coba dicek apakah listrik yg menuju lampu motor sekitar 12v ac. Jika kurang ada kemungkinan spul lemah.
- pemasangan trafo seharusnya 0 dengan 12, atau CT dengan 12. Jangan 12 dgn 12 pada trafo CT.
- apakah pemasangan kabel sudah 220 v. Jangan jangan pengambilannya dari 110v.
Sayang tidak menyebutkan motornya. Mudah mudahan dapat dipahami.

mengais 1Rp mengatakan...

Mas saya udah coba , pake travo yg gak ada ket sama sX ,bekas lampu emergency ,trus saya rangkai menurut skema di atas , tapi ko lampu 45w, yg saya tes berkdip parah. .kira2 ksalahanya dimana ya mas . .??motor saya supra fit . .

REZA FAHLEVI mengatakan...

aku dah coba, menggunakan honda supra. trmksh...

Wawang mengatakan...

Mas , kalau di ambil dari kabel yg dari spul ke aki , bisa nggak ?

Diway mengatakan...

Ngga kuat mas...

Antony mengatakan...

mas, trafoqu 5A jg kga ada 12v'nya, klo voltase trafo saya ambilkan terdekatnya misalkan 15-25 kan jadinya 10v, tuh keluar brapa volt & brapa watt? Mtor shogun 125R

Diway mengatakan...

10 v trafonya Bisa mas, silahkan eksperimen sendiri.
Untuk shogun saya belum coba jadi belum mengetahui daya maxnya atau berapa watt yang dapat dihasilkannya.

Unknown mengatakan...

Mas , teman ku punya lampu emergency untuk 10 lampu 23 watt memakai aki 70 , dan UPS untuk komputer , pernah nyoba nggak mas ..?

Diway mengatakan...

Maaf mas Belum coba tuh.

Unknown mengatakan...

Kata nya lebih praktis , karna di UPS sudah ada pengecas aki , inverter dan saklar otomatis yg langsung memindah kan penggunaan daya ke aki kalau lampu padam

Diway mengatakan...

Memang benar praktis. Sebab akan bekerja otomatis. saat ada pln aki terisi, saat mati lampu inverter akan bekerja menggantikan listrik pln. Durasi nyala UPS dipengaruhi kapasitas aki serta beban yang digunakan. Yang saya alami menggunakan inverter sering kali aki tekor saat digunakan karena pengisian tidak optimal.

Wawangdo mengatakan...

Ok , di tunggu info terbaru nya , mas ..

Azzy mengatakan...

Mau saya coba, kebetulan ada trafo baru tapi belum ke pakai.
Saya tidak ada motor tuk dijadikan eksperimen. Klo dari mobil dimana sumber arus AC bisa saya ambil, tempat hidupin rokok arusnya DC (sudah dites dgn Avometer) dan lampu sepertinya DC juga karena bisa hidup tanpa mesin hidup.
Mohon infonya untuk di mobil.
Terima Kasih

Diway mengatakan...

Mas Azzi, kalau tidak salah pada mobil agak susah untuk mengaplikasikannya sebab pada mobil memang ada alternator sebagai pembangkit listriknya, namun keluarannya sudah berupa arus DC bukannya arus AC. Listrik lampu depan mobil juga menggunakan arus Dc.
Alternatif lainnya mas Azzy dapat menggunakan inverter. Inverter bekerja pada arus DC.

Kaspol Anwar mengatakan...

Memang bagus dapat mengatasi masalah pasokan listrik, tapi sepeda motornya akan mengalamai masalah nantinya Mas krn sistim pendinginan untuk sepeda motor akan berkurang jika digunakan terlalu lama. Sistim pendinginan utk sepeda motor didisain lebih sempurna pada saat bergerak (Non Stationer)dan terkena hembusan udara pada saat bergerak.

Kaspol Anwar mengatakan...

Memang bagus dapat mengatasi masalah pasokan listrik, tapi sepeda motornya akan mengalamai masalah nantinya Mas krn sistim pendinginan untuk sepeda motor akan berkurang jika digunakan terlalu lama. Sistim pendinginan utk sepeda motor didisain lebih sempurna pada saat bergerak (Non Stationer)dan terkena hembusan udara pada saat bergerak.

Diway mengatakan...

Memang benar Mas, ini merupakan alternatif saja dan tak digunakan setiap saat. Pada motor jenis bebek dapat dibantu dengan kipas angin yang diarahkan ke selinder mesin, sedangkan pada motor jenis matik yang mesinnya berada didalam telah dilengkapi dengan sistim pendingin sendiri. Pada honda beat, mio ada kipas sebelah kanan untuk menarik angin pendingin menuju mesin, pada vario dilengkapi radiator.

Restu Singgih mengatakan...

Sudah saya coba pake trafo 3A dan berhasil mas diway, kalo di colokin ke jaringan PLN rumah saat listrik padam kira kira bermasalah buat motor ga ya, mohon penjelasan, sebab mo bikin jaringan sendiri repot dan makan biaya.

Restu Singgih mengatakan...

Kalo di sambung ke jaringan PLN rumah pas lampu padam bahaya ga buat motor

Diway mengatakan...

Maaf baru sempat dibalas dikarenakan tugas. Sebenarnya bisa dilakukan sepanjang beban tidak melebihi kemampuan spul motor. Artinya listrik hanya digunakan untuk menyalakan lampu saja, sementara kulkas, pompa air, komputer dll harus dipastikan tercabut dari stop kontak.
PERHATIAN : MCB PLN harus diturunkan agar terhindar dari kerusakan spul motor saat listrik PLN menyala.
memang cara ini agak berbahaya. Ada artikel saya memodif jaringan litrik.

Wahyu Aditya mengatakan...

Mas: cara memasang trafo nya itu gimana dan harus ditempel dimana biar aman terkendali .

Diway mengatakan...

Cara pasang ada dalam artikel. Trafo ngga usah dibawa,kita hanya menyediakan soket/konector untuk nyambungin kabel dari motor ketrafo.

David Ardhiansyah mengatakan...

mas bisa dikasih diagram nya gak....biar lebih jelas urutan pemasangan kabelnya....
terima kasih.

Diway mengatakan...

Saya rasa keterangan diatas udah cukup jelas

jayabhaya.com mengatakan...

makasih ilmunya

sarilaut madiun mengatakan...

ma,af mas diway saya ikutan nanya dong.
Mas diway kan ambil listrik dijalur lampu depan 12v ac. Itukan udah ditahan sama kiprok dr sepeda motor itu sendiri.
Nah kalo kita ambil listrik langsung dari spul m0tor yg berarti tidak ditahan sama kiprok itu bisa ngga ych.
Terima kasih

Diway mengatakan...

Lampu depan tidak pake quprok. Tugas quprok untuk ngecas aki. Lampu langsung dari spul Mas.

sarilaut madiun mengatakan...

owh gitu yah.
Oke dech terima kasih atas penjelasanya.
Bener2 bermanfa,at jika terjadi mati lampu pd PLN.

kang tono mengatakan...

mohon maaf sebelumnya hanya menanggapi jalur lampu depan yang sprti anda katakan tidak ada arus lampu dengan kuprok kuprok hanya untuk ngecas lampu pernyataan anda saya koreksi jalur lampu ada hub dngn kuprok sebaiknya anda lihat skema kiprok dan instalasinya lebih tepatnya jlr lampu masuk ke kiprok terus keluar ke lampu ada resistan untuk lampu itu biar lampu ngga gampang putus skali lg mhn maaf tetap semangat terus ber karya

Diway mengatakan...

Kang Tono, mohon maaf baru ditanggapi Kang ternyata sekarang Blogger ngga bisa diopersikan via OPMIN jadi sulit jika lagi mobile. Ya benar dan tugasnya sebagai regulator supaya listrik ke lampu depan stabil sehingga nyala lampu tidak mengikuti irama tarikan gas.
Terima kasih Kang Tono salam sukses untuk Anda.

amino elektronika & Komputer mengatakan...

ide Mas Diway sangat bagus..... sebagai energy alternative. dari ide mas Diway saya mencoba mengoprek Honda Beat FI yang sebenarnya masih baru(Belom keluar Plat Nomornya). kebetulan sistem kelistrikannya sudah saya rubah jadi Fullwaving dan saya tambah saklat oper untuk ke kiprok dan ke Trafo. Motor dalam kondisi stansioner tapi tidak sampe muter ban Belakang. Karena harga Travo 5 Ampere ERA di Purwodadi cukup mahal mencapai 300 ribu, Saya mencoba menggunakan travo bekas dari UPS yang sudah rusak. Trafo tersebut bekerja dengan tegangan 10 Volt. out put dari travo ketika tanpa beban tenyata sangat tinggi, mencapai 255 Volt. Awalnya agak ngeri juga lihat tegangan segede itu. Karena takut merusak Lampu, saya mempararel 6 Buah lampu Philips Tornado 24 Watt dengan total daya mencapai 144 watt. Alhasil lampu menjala redup dan bergetar lalu mati, tegangan drop ke 187 Volt. saya coba melepas satu demi satu lampu tersebut. ketika 2 lampu sudah saya lepas, 4 lampu yang masih terpasang sinarnya terang dan stabil pada tegangan 210 Volt. Saya mencoba bereksperimen menyempurnakan ide mas Diway dengan Kapaitor penyimpan daya agar daya yang dihasilkan dari trafo dapat disimpan dulu di kapasitor sebelum di konsumsi. lalu saya beli 5 kapasitor AC ukuran 18 uf/400 Volt dan mempararelnya dengan output dari Trafo. Wah Lumayan..... dapat menambah satu lampu lagi, tegangan stabil pada 205 Volt. Kalo ditampah satu lampu lagi tidak kuat, tegangan Drop Lagi ke 190 volt saya mendapat masukan dari istri yang mengatakan bahwa semua peralatan kami menggunakan DC 220 Volt. Awalnya tidak Percaya sih. Tapi tetap saya coba. Toh Biasanya Tidak mahal. Saya beli 5 Unit Power Supply Komputer di Loakan. dapet 10 ribuan. Bongkar semua, ambil dioda penyearahnya, dan semua kapasitor DC (elco)400 Voltnya saja. Setelah ditest dan semua masih normal saya rangkai dioda brigde yang merubah AC ke DC. Tegangan yang telah dirubah menjadi DC disimpan dalam Elco 400 Volt. Saatnya mencoba semua diposisikan aman. Kembali Motor Start. dan Binggo...... Enam Lampu Philip Tornado menyala terang. ternyata lampu tersebut bisa menyala dengan arus DC, saking penasarannya saya mencoba semua peralatan kami secara bergantian. TV LCD 32", Charger Laptop, charger HP bahkan Receiver Parabola matrix-pun bisa hidup semua. yang tidak bisa, kipas angin kecil yang cuma 20 watt sekalipun gak bisa nyala. Percbaan normal TV LCD + Receiver Parabola + 2 Lampu Tornado 24 Watt tegangan masih stabil di 207 Volt. tegangan aman sajalah. Semua Pealatan tersebut saya rakit dengan rapi dan tersimpan di Bagasi Beat-FI saya agar siap pake setiap saat. MOHON DIPERHATIKAN PENGGUNAAN LISTRIK DC 220 Volt DAPAT MENYEBABKAN LUKA BAKAR SERIUS. Hal ini saya alami ketika mengganti peralatan kami saya terkena tegangan DC 220 Volt kabel minus dan Plus, rasanya seperta kena pisau Cutter, dan meninggalkan luka bakar yang sangat perih. Pasangkan Lampu kecil 220V yang biasa dipergunakan pada setelika untuk menetralkan tegangan di Kapasitor setelah alat tersebut digunakan agar tegangan kapasitor/elco menjadi netral, karena bila tidak dinetralkan tegangan DC akan tetap tersimpan meskipun dalam waktu yang lama, Demikian sharing saya mengenai optimalisasi energi listrik altenative semoga bermanfaat buat temen-temen juga. Terimakasih dan Sukses untuk mas Diway..... YD2NUG

Diway mengatakan...

Nah begini kalau ketemu sama rekan amatir. dunia amatir memang dipenuhi seni bereksperimen seperti yg saya alami sekitar 25 tahun yang lalu berkutat dgn radio.Ada diposting lainnya pak .
Waduh panjang lebar tapi jelas rekan YD2NUG menerangkan hasil eksperimenya. dari penjelasan yang dipaparkan kalau tidak salah tangkap berarti menambah inverter. Jadi dari listrik motor di jadikan DC terlebih dahulu lalu masuk inverter menghasilkan listrik 220 VAC.Ya memang saya rasa dengan metode inverter efisiensi lebih baik dibanding dengan metote trafo seperti yang saya gunakan, jadi tidak banyak kehilangan power. boleh kalau saya salah memahami anda mengkoreksi kembali.
Maaf rekan YD2NUG baru saya respon, sebab blogger sekarang tidak dapat dioperasiksn lewat Opmin lagi sehingga menyulitkan saat berada diluar.
Terima kasih banyak Salam sukses kembali untuk Anda Mas YD2NUG

AMMAD HASAN mengatakan...

salam kenal mas...klo pki travo yg 10A bisa gak mas? dan apa kendalanya.?

Diway mengatakan...

Salam Kenal kembali mas Hasan. Bisa mas. Sudah ada beberapa rekan yang mencobanya

Ijal S mengatakan...

Salam kenal Mas, ane mo tanya kalau untuk nyalain PC bisa gk ya?
Tlg jwbnya ditunggu

Diway mengatakan...

Kenal Kembali Jal...
Saya belum pernah mencobanya. Sepertinya Kalau untuk PC :
1. berat mas ga kuat
2. dikhawatirkan tegangan tidak stabil berbahaya ke PC
Mungkin anda bisa mencoba seperti yg dipraktekan rekan YD2NUG yg komen disini tgl 27 Okt 2013...

muhammad arifin mengatakan...

mas, mksih atas onfonya, jadi sudah saya coba dengan motor khasrisma saya, alhamdulillah bisa hidupin lampu aqua rium dan siker aktif, tapi lama2 kok trafonya bisa berasap dan hangus ya mas, mohon penjelasannya...

putra sragentina mengatakan...

kulo nuwun gan,,mO tanya itU kLo trafoNy gk ad CT ny bsa gk n kLo pkek yg 5A Trus dpkek bwt nyala'in lmpu n tV breng2 gtU kira2 bsa gk.??
MhoN pencerahanY gn mtUr suwun sak dEreng'e..

Diway mengatakan...

Muhamad Arifin @ Bisa jadi trafo kurang bagus atau lampu aquariumnya yg kurang bagus krn sering kena uap air.
Putra Sragentina @ Yg penting ada
0 - 12v atau kalo pake yg CT berarti CT - 12. Ini hnya alternatif buat penerangan saja Mas...

Toton blogspot mengatakan...

Salam kenal mas, ane mau nanya, mtor ane vario 125 injeksi, bs gak mas, trus outputnya nympe brapa watt itu?
Kalau di tambah stavol bs mas?

Diway mengatakan...

Bisa mas... output sepertinya tak berbeda dengan vario jadul

Toton blogspot mengatakan...

Nah, mtor ane kalau mesin mati tp kontak kunci msh on, lmpu ttep nyala. Itu arusnya dr aki apa langsung dr spul mas?

Diway mengatakan...

Jika lampu depan biasanya mengambil dari spul.
Untuk vario 125 saya belum pernah melihat wiringnya. jika lampu depan hidup sepertinya dari aki. Apakah benar lampu depan memnggunakan aki ???

Toton blogspot mengatakan...

Bs jd mas, lmpu dpn vario 125 pke aki, soal'y kt'y smua kelistrikan pke DC.
Kalo iya brrti gak bs y mas?

Ade Supriadi mengatakan...

terima kasih atas ide yg cukup brilian nya,, dan saya sudah mencoba nya,tapi hanya bisa nyalain dua buah lampu,dan kalo bisa kasih tambahan apalagi yah biar bisa nyalain semualampu dan perlengkapan di rumah

jalu dw mengatakan...

salam kenal mas mau taya mas kalu meningkatkan gulungan spol bisa ndak mas menghasilkan energi 900wat agar bisa hidupin semua elektronik dirumah paling tidak maksimal kayak genset mohon infonya mas suwun

Diway mengatakan...

Salam Kenal kembali mas Jalu. Menaikan daya mungkin saja bisa ditingkatkan dengan memperbesar diameter kawatnya, tetapi tentu tidak terlalu besar. pertimbangannya adalah;
1. Memperbesar diameter kawat akan memerlukan ruang yg lebih besar.
2. Kekuatan medan magnet sulit untuk diperbesar.

Supret Al Bodong mengatakan...

Salam kenal mas diway,..
Saya mau tanya kalau sepeda motor mega pro lama/baru bisa apa tidak soalnya lampu depan bisa nyala walau mesin mati..
Mohon pencerahan,terima kasih..

Diway mengatakan...

Salam kenal kembali mas. maaf mas saya blum mencobanya pada mega pro. Sepertinya pengambilan listriknya melalui aki, jika lampu nyala walau mesin mati. Arus aki kan DC berarti ada kemungkinan tidak bisa.

sugeng prayogo mengatakan...

Mas mau tanya klo arus nya biyar stabil gimana ya ...

Firdaus Nuzula mengatakan...

Terimakasih,, Ide mas Diway dan Animo Komputer&amp, MANTAB !!!
agar daya yang dihasilkan dari trafo stabil ditambah diode bridge + kapasitor 330uf/400v (diambil bekas psu komputer) dibuat arus DC sebelum di konsumsi.
Saya menggunakan kabel putih dari spul sebelum kiprok Motor Honda Beat CW

Muhchammad nadyr mengatakan...

mas Diway berarti travonya arusya bolak balik, maksudnya input yg dari kiri arahnya ke output kanan, input yg dari kanan arahnya ke output kiri, (stepup/ stepdown) !

amino elektronika & Komputer mengatakan...

Mantap mas Firdaus Nuzula Modif, Saya juga masih manggunakan peralatan tersebut. Sampai sekarang masih di bagasi Honda Beat saya. Sudah berkali-kali saya gunakan ketika listrik padam. Bahkan beberapa tetangga juga minta dibuatkan. Syarat utama adalah kendaraan yang menggunakan coller Fan radiator coller, sebab kalo tidak bisa-bisa yang rusak motornya karena over heating.

Calvin Yobel mengatakan...

pak, kalo untuk shogun thun 2000 kira2 bersiko ngga ya pak , karna motor ini tdk memiliki pendingin seperti layaknya motor matik vario

joko aja mengatakan...

bagusan mana buat inverter dengan terafo 5 amper dngn 1 amper

Sopir Andong mengatakan...

Ma'af..sekedar masukan...
Kku yg motornya dah arus dc..sebaiknya pakai inverter aj..
Rangkaian di atas di anjurkan untuk arus yg masih ac..

Ma'af...bukan aku sok tahu...cm info aj...semoga membantu...salam sukses bagi yg mau mencoba..semoga berhasil dam bermanfaat...

Su yanto mengatakan...

Salam Mas diway...klo sumber tegangan input bukan dari sistem kelistrikan motor, Tapi dari tenaga baterai, Kira2 bisa tidak? thnks atas pencerahannya.

Diway mengatakan...

Jika yg digunakan dari baterai atau arus DC, Gunakan saja inverter

agil iksan mengatakan...

lam kenal gan mau tanya kalo dr spul langsung berapa out putnya motornya vega r 2003 makasih sukses selalu

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

ada yg mengatakan over heating atau motor rusak.,
rusak nya dimana bos????
coba anda fikirkan terlebih dahulu dan kaji secara dalam, jgn hanya melihat sejengkal saja.

kenapa arus yg sudah ac dipindahkan DC ?

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

itu bukan solusi bos, kalo uda pakai inverter uda berapa biaya nya, uda gtu pun bgi yg awam elektro, dibeli yg 300 watt, difikir nya pulak nanti output nya 300 watt..

jgn pake inverter tapi pakai dioda , kalo pake travo 5 amper ya pake dioda 5 amper.

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

buatkan rangkaian nya boss,, dan berbagilah sesama yg lain.

aku tak punya blog, jadi macam mana mau ku buat.

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

kabel kuning dan putih sama aja nya itu, tapi sebaik nya kabel kuning stlah kiprok karna pengapian buat lampu lbih stabil, krna tlah melewati kiprok yg bertugas sbgai regulator.

kabel merah hitam itu sepul pngapian buat cdi
dan kabel hijau putih itu output dri batu api

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

pake travo 10 amper
dan ambil arus stlah kiprok,
pastiKan input ke travo 12v bkn 15 ataupun 9v

sumatra218@yahoo.com mengatakan...

dicek dulu output arus nya pake multitester ,, itu arus nya dc apa ac
klo dc kasi aja dioda sblum masuk input trafo , kalo input nya trnyata ac , yauda tinggal smbung kan aja ke trafo
pke kapasitor bank biar lbih mantap

Juara sinaga mengatakan...

salam kenal mas diway, saya mau nanya ni, saya udah coba pakai trafo CT3A, di motor GL Pro. lalu saya pake untuk mensuplay speaker aktif, speakernya hidup tapi noisnya lumyan kuat, adakah solusi untuk menghilangkan nois yang terbawa dari mesin motor?thnks.